News Update :
×

Tips Merawat Printer Agar Awet

Sabtu, 16 Februari 2013

http://www.southernsavers.com/wp-content/uploads/2010/01/epsonprinter.jpg

1. Gunakan printer sesering mungkin, jangan sampai 1 minggu nganggur
Usahakan agar dalam 1 minggu printer inkjet agan gunakan dan tidak nganggur meskipun hanya untuk mencetak satu atau dua lembar saja. Karena printer inkjet yang terlalu lama tidak digunakan akan menyebabkan tinta di head cartridge kering, sehingga menyumbat tinta. Hal ini akan menyulitkan agan untuk mencetak dokumen.

2. Manfaatkan Fitur Clean Head Pada Software Bawaan Printer
Biasanya printer inkjet memiliki software bawaan dengan fitur clean head. Lakukan clean head secara berkala untuk tetap menjaga keluaran tinta dari head cartridge dengan lancar.

3. Jaga kebersihan printer
Jagalah printer agan dari benda-benda asing, termasuk debu dengan membersihkannya secara berkala.

4. Matikan Printer menggunakan tombol power
Kebiasaan mencabut secara langsung kabel power listrik dari stop kontak termasuk cara mematikan printer yang buruk. Cara mematikan printer yang baik adalah menggunakan tombol power agar posisi cartridge dapat kembali ke tempat yang seharusnya, sehingga head printer tidak mudah kering.

5. Pastikan kertas cetak tidak kusut dan sesuai
Hindari penggunaan kertas yang terlipat atau kusut. Kertas yang terlalu tebal pun sangat tidak disarankan untuk digunakan.

6. Jangan menyentuh chip cartridge menggunakan tangan
Listrik statis yang berasal dari tangan agan dapat berpindah secara langsung ke chip cartridge yang selanjutnya akan mengganggu komponen tersebut.

7. Jaga kualitas tinta refill
Gunakanlah tinta refill yang direkomendasikan agar keawetan cartridge terjaga. Tinta refill yang berkualitas buruk kadang terlalu encer dan kualitas cetakannya tidak memuaskan.

8. Segera isi ulang tinta jangan sampai kehabisan
Segera isi tinta kembali saat sudah ada indikasi tinta low ink. Karena tinta di dalam cartridge printer yang kosong akan menyebabkan head printer kering sehingga lubang-lubang kapilernya tersumbat, jadi jangan menunggu sampai tinta habis.

9. Perhatikan kondisi wastepad printer agan
Gantilah wastepad atau gunakan pembuangan luar sehingga tinta tidak akan meluber ke dalam printer.

10. Jangan sembarangan membongkar casing printer
Sebelum agan benar-benar ahli jangan pernah mencoba membongkar printer agan sendiri karena jangan sampai agan menjadi ahli bongkar saja.

11. Tempatkan printer jauh dari benda-benda cair

Jangan menaruh benda-benda cair disamping printer agan karena terkadang musibah datang dengan tidak sengaja. Jadi, sedialah payung sebelum hujan.
Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by iputuwira